Jumali264 Blog

Berbuatlah kebajikan selagi masih ada waktu dan kesempatan

Rumus Antara Nilai UN dan US 2010-2011

Posted by Jumali Vb pada 21 Desember 2010


Pemerintah dan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) telah siap dengan formula baru penilaian kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Untuk itu, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010 / 2011 hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Mei 2011.

Ujian Nasional ( UN ) utama untuk  SMA / SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN Ulangan ditiadakan. Adapaun Ujian Sekolah dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN.

Sosialisasi tentang kebijakan UN tahun pelajaran 2010 / 2011 yang dilaksanakan Kemendiknas dan BSNP di Jakarta, dimaksudkan untuk meminta masukan sial perubahan UN dari Dinas Pendidikan Kot/Kabupaten dan Perguruan Tinggi. Meskipun Pemerintah telah memegang formula baru, namun sebelum ditetapkan secara resmi, Pemerintah dan BSNP meminta masukan dari daerah apakah perubahan dalam pelaksanaan UN 2011 bisa diterima dengan baik.

Mendiknas mengatakan dengan formula baru yang dilaksanakan sebagai evaluasi siswa secara komprehensif selama tiga tahun belajar, polemik UN yang muncul tiapa tahun diharapkan bisa berhenti. Ketua BSNP Djemari Mardapi juga mengatakan penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu, untuk itu penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah.

Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk tiap mata pelajaran. Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = ( 0,6 x nilai Un ) + ( 0,4 x nilai sekolah ). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3 – 5 untuk setiap mata pelajaran. Bobot UN lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan, pasalnya dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.   kata Mendiknas.

Dengan formula baru nanti, rencananya nilai tiap mata pelajaran akan dipatok minimal 4,00. Integrasi nilai Un dan nilai sekolah ini diharapkan menjadi pendorong siswa untuk lebih giat belajar dan menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3, sehingga penilaian kelulusan tidak lagi sebagai potret evaluasi sesaat.

Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3 – 5 untuk setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.

Mari kita tunggu formula baru yang akan dlaksanakan pada UN mendatang, semoga perubahan yang ada tentang penilaian kelulusan siswa pada UN dapat mengatasi problem-problem tentang pelaksanaan UN  yang selama ini berkembang. semoga sukses ……………..

Sumber : tribunnews.com

9 Tanggapan to “Rumus Antara Nilai UN dan US 2010-2011”

  1. Sharing yang baik, Terimakasih

  2. Latifah hayani said

    knpa tahun ne jd smkin sush wat mncpai kllusan

  3. Sukistiono said

    Menurut saya,ini pertanda pemerintah mulai memberi “hak” kepada sekolah untuk ikut menentukan kelulusan siswa. Sebelumnya,nilai UN-lah yang menjadi patokan kelulusan.Semoga lebih baik …

  4. Banjit said

    Untuk Mas Jum,
    Mbok yao faile oleh dikopi to… Ndadak nulis. Gak praktis!

  5. SUDARTO said

    For bang Jum ……
    Mau tanya bang ….” Nilai Sekolah didapat dari gabungan nilai rata-rata raport dan Nilai ujian sekolah ”
    apakah mata pelajaran yang di ujikan dalam Ujian Sekolah / Madrasah
    ………..?

  6. eny said

    ya, mari kita sambut formula UN 2010-2911 DENGAN ETIKAT YG BAIK
    KITA POSITIF THINGKING SAJA
    SEMUA KEBIJAKAN ITU ADALAH DEMI MENINGKATKAN NILAI MUTU KELULUSAN PENDIDIKN YANG ADA DLM NEGERI KITA
    MARI KITA IKUT MNESUKSESKAN PELAKSANAAN TERSEBUT DAN SY SETUJU DNG HARAPAN BPK UN dapat mengatasi problem-problem tentang pelaksanaan UN yang selama ini berkembang. AMIN SUKSES SLL!!!

  7. joe said

    terima kasih kang jumali.anda benar2 baik hati.ini mempermudah kami untuk mengelola nilai US.

  8. NURYADI said

    masalah nilai UN alangkah baiknya tidak usah ada tambahan dari nilai Raport mendingan menggunakan SKL saja jadi dilihat kemampuannya saja karena kurang efektifnya siswa bisa dikatakan semua lulus, sehingga maaf saja pasti ada guru yang star untuk nambahi nilai rapot yang tinggi agar bisa membantu siswa “apakah itu termasuk mencerdaskan anak bangsa” ???! Tapi bukannya saya tidak mendukung pemerintah tetapi kasihan pada anak didiknya Contoh si A seharusnya nilainya UN katakanlah 2,00 karena ditambah nilai raport jadi nilai MTK 80, akhirnya si A ini PD sekolah di SMP ternama ternyata di SMP kurang prestasinya dengan teman temannya. bukannya kasihan anaknya dan ilmune kurang. itu menurut saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: