Jumali264 Blog

Berbuatlah kebajikan selagi masih ada waktu dan kesempatan

Peraturan tentang Distribusi Guru Segera Terbit

Posted by Jumali Vb pada 21 Mei 2010


Jakarta — Pemerintah akan segera menerbitkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri yang akan mengatur tentang distribusi guru. Peraturan ini memungkinkan guru dapat berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain, sehingga disparitas distribusi guru akan berkurang.Kementerian Pendidikan Nasional bersama-sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan membuat regulasi guna memperbaiki distribusi guru. Mendiknas mengungkapkan, saat ini distribusi guru di Indonesia tidak merata. Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat membuka Kongres Guru Indonesia (KGI) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (20/5/2010).

Dalam paparannya Menteri Nuh menyampaikan, sebanyak 68 persen sekolah di kota kelebihan guru. Di sisi lain, sebanyak 37 persen sekolah di desa dan 66 persen sekolah di daerah terpencil kekurangan guru. “Kami akan segera menyiapkan untuk merampungkan keputusan bersama Mendagri, Menpan, dan Mendiknas. Guru dimungkinkan berpindah antarkabupaten, antarkota, maupun antarprovinsi,” katanya.

Mulai tahun pelajaran baru ini, pemerintah juga akan menyiapkan guru-guru baru untuk dialihkan dan ditugaskan ke daerah terpencil. Guru-guru itu akan mendapat insentif dalam bentuk finansial dan jenjang karir. “Besarnya paling tidak satu kali gaji sesuai golongannya ditambah insentif lain yang harus kami berikan. Mudah-mudahan mulai tahun ajaran baru itu sudah dimungkinkan adanya mobilitas tadi. (Jadi) Juli besok ini,” katanya.

Penyiapan guru-guru baru ini, terutama ditujukan untuk mengganti sebanyak 195.387 guru yang akan pensiun pada 2014 nanti. “Sekalian kami alirkan ke daerah-daerah yang kekurangan guru tadi,” kata Menteri Nuh.

Sumber : kemdiknas

Satu Tanggapan to “Peraturan tentang Distribusi Guru Segera Terbit”

  1. irwan listiyo putro, S.Pd said

    kalau memang benar akan di adakan pemerataan guru di daerah terpencil, terus syaratnya apa saja kalau boleh tolong dong aku di ikut sertakan, aku lulusan IKIP PGRI semarang jurusan Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: