Jumali264 Blog

Berbuatlah kebajikan selagi masih ada waktu dan kesempatan

Pola Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2011

Posted by Jumali Vb pada 17 Mei 2011


Alur Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 tahun 2011, guru dalam jabatan yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti sertifikasi melalui:

  1. Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL),
  2. Portofolio (PF),
  3. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), atau
  4. Pendidikan Profesi Guru (PPG). Khusus sertifikasi guru dalam jabatan melalui PPG diatur dalam buku panduan tersendiri.

A. Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (Pola PSPL)

Sertifikasi guru pola PSPL didahului dengan verifikasi dokumen. Peserta sertifikasi guru pola PSPL sebagai berikut.

  1. Guru yang sudah memiliki kualifikasi akademik S-2 atau S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya dengan golongan paling rendah IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
  2. Guru kelas yang sudah memiliki kualifikasi akademik S-2 atau S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan tugas yang diampunya dengan golongan paling rendah IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
  3. Guru bimbingan dan konseling/konselor yang sudah memiliki kualifikasi akademik S-2 atau S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan tugas bimbingan dan konseling dengan golongan paling rendah IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
  4.  Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas pada satuan pendidikan yang sudah memiliki kualifikasi akademik S-2 atau S-3 dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan tugas kepengawasan dengan golongan paling rendah IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b; atau
  5. Guru yang sudah mempunyai golongan paling rendah IV/c, atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c.

B. Penilaian Portofolio (Pola PF)

Sertifikasi guru pola PF dilakukan melalui penilaian terhadap kumpulan berkas yang mencerminkan kompetensi guru. Komponen penilaian portofolio mencakup:

  1. Kualifikasi akademik,
  2. Pendidikan dan pelatihan,
  3. Pengalaman mengajar,
  4. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,
  5. Penilaian dari atasan dan pengawas,
  6. Prestasi akademik,
  7. Karya pengembangan profesi,
  8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah,
  9. Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial, dan
  10. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

Peserta Sertifikasi pola PF adalah guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi serta memiliki prestasi dan kesiapan diri. Sementara itu, bagi guru yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi namun tidak memiliki kesiapan diri untuk mengikuti sertifikasi melalui pola PF, dibolehkan mengikuti sertifikasi pola PLPG.

C. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Rayon LTPK untuk memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru peserta sertifikasi. Beban belajar PLPG sebanyak 90 jam pembelajarandan dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan dan workshop menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan (PAIKEM). Workshop dilaksanakan untuk mengembangkan dan mengemas perangkat pembelajaran. PLPG diakhiri dengan uji kompetensi. Peserta srtifikasi pola PLPG adalah guru yang bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling/konselor, serta guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memilih:

  1. Sertifikasi pola PLPG,
  2. Pola PF yang berstatus tidak lulus tes awal atau tidak mencapai passing grade penilaian portofolio atau tidak lulus verifikasi portofolio (TLVP), dan
  3. PSPL tetapi berstatus tidak memenuhi persyaratan (TMP).

Sertifikasi guru Pola PSPL, PF dan PLPG dilakukan oleh Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru yang ditunjuk oleh Menteri Pendidikan Nasional. Rayon LPTK Penyelengara terdiri atas LPTK Induk dan LPTK Mitra dan didukung oleh perguruan tinggi yang memiliki program studi relevan dengan bidang studi/mata pelajaran yang diserifikasi. Penyelenggaraan sertifikasi guru dikoordinasikan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG).

Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh filenya berikut :

  1. BUKU1 Pedoman Penetapan Sertifikasi Guru 2011
  2. BUKU 2-Daftar Isi
  3. BUKU 2 Petunjuk Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2011
  4. BUKU 3-Daftar Isi
  5. BUKU 3-Panduan Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2011
  6. BUKU 4-Daftar Isi
  7. BUKU 4-Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Tahun 2011

Bagi pembaca yang belum memiliki file Permendiknas No. 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, silahkan klik di sini

Semoga bermanfaat dan sukses untuk Peserta PLPG tahun 2011……….

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: