Jumali264 Blog

Berbuatlah kebajikan selagi masih ada waktu dan kesempatan

KECERDASAN EMOSI

Posted by Jumali Vb pada 14 Maret 2010


A. Kecerdasan Emosi

Kecerdasan emosi menunjuk kepada sesuatu kemampuan untuk memahami perasaan diri masing-masing dan perasaan orang lain, kemampuan untuk memotivasi dirinya sendiri dan menata dengan baik emosi-emosi yang muncul dalam dirinya dan dalam berhubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi itu menggambarkan suatu kemampuan yang walaupun berbeda namun berfungsi melengkapi kecerdasan kognitif seseorang.B.   Ciri-ciri kecerdasan emosi

Kecerdasan emosi memiliki lima unsur :

1.  Kesadaran diri ( Self-Awareness )

Mngetahui apa yang kita rasakan pada suatu saat, dan menggunakannya untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri, memiliki tolak ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat.

2. Pengaturan diri ( Self-Regulation )

Menangani emosi kita sedemikian rupa sehingga berdampak positif terhadap pelaksanaan sasaran, mampu segera pulih kembali dari tekanan emosi.

3. Motivasi ( Motivation )

Menggunakan hasrat kita yang paling dalam untuk menggerakan dan menuntun menuju sasaran, membantu kita mengambil inisiatif dan bertindak sangat efektif, serta untuk bertahan menghadapi kegagalan dan frustasi.

4. Empati ( Empathy )

Merasakan yang dirasakan orang lain, mampu memahami perspektif mereka, menumbuhkan hubungan salng percaya dan menyelaraskan diri dengan bermacam-macam orang.

5. Ketrampilan sosial ( Social Skills )

Menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan dengan cermat membaca situasi dan jaringan sosial; berinteraksi dengan lancar; menggunakan ketrampilan-ketrampilan ini untuk mempengaruhi dan memimpin, bermusyawarah dan menyelesaikan perselisihan, serta untuk bekerja sama dan bekerja dalam tim.

Kecerdasan emosi menentukan potensi seseorang untuk mempelajari ketrampilan-ketrampilan praktis yang didasarkan pada lima unsur di atas : Kesadaran diri, Pengaturan diri, Motivasi, Empati dan Ketrampilan sosial.

Kecakapan emosi ( emotional competence ) adalah kecakapan hasil belajar yang didasarkan pada kecerdasan emosi dan karena itu menghasilkan kinerja yang menonjol dalam pekerjaan. Kecakapan emosi kita menunjuk seberapa banyak potensi itu yang telah kita terjemahkan ke dalam kemampuan di tempat kerja. Sebagai conoh, pandai dalammelayani pelanggan adalah kecakapan emosi yang didasarkan pada empati. Begitu pula, sifat dapat dipercaya adalah kecakapan emosi yang didasarkan pada pengaturn diri, atau kemampuan menangani impuls dan emosi. Baik kemampuan melayani pelanggan maupun sifat dapat dipercaya dapat membuat orang menonjol di tempat kerja mereka.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: